Mohon perhatiannya, semua isi berita diblog ini adalah disalin dari berbagai sumber. Dan hanya sebagai arsip pribadi dan Group Komunitas Warga Kulon Progo.

Seluruh informasi termasuk iklan diblog ini bukan tanggung jawab kami selaku pemilik blog. Kami hanya Memberikan tempat kepada para pengiklan dan sebagai ,media sharing


 tarif jasa kami
KEMBALI KE HALAMAN AWAL – LC FOTOKOPI  *  TARIF JASA FOTOKOPI, PRINT, SCAN, KETIK, PRINT , DLL.   *   MELAYANI PRINT, PRINT COPY SECARA ONLINE


17 August 2018

Kelola Jalan, Dinas PUPKP Kulonprogo Luncurkan Aplikasi WebGIS - kumparan.com





Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Kabupaten Kulonprogo meluncurkan aplikasi WebGIS yang merupakan pemanfaatan teknologi informasi dalam bentuk aplikasi Geographic Information System (GIS) atau pemetaan digital yang memanfaatkan jaringan internet sebagai media komunikasi yang berfungsi mendistribusikan, mempublikasikan, mengintegrasikan, mengkomunikasikan, dan menyediakan informasi dalam bentuk teks, peta digital, serta menjalankan fungsi-fungsi analisis. Aplikasi ini digunakan dalam proses pembuatan jalan Kabupaten Kulonprogo untuk menjawab tantangan masih terbatasnya sumber daya di Dinas tersebut.



Kepala Bidang Bina Marga DPUPKP Kulonprogo, Nurcahyo Wibowo mengatakan pengelolaan infrastruktur jalan di Kabupaten Kulonprogo selama ini belum mempunyai arah yang jelas dan belum dilaksanakan sepenuhnya dengan berbasis kebutuhan, akan tetapi lebih cenderung dipengaruhi oleh keinginan. 


"Hal itu mengakibatkan pembangunan infrastruktur jalan disuatu wilayah mengalami ketimpangan dibandingkan dengan wilayah lainnya, seperti kerusakan jalan yang cukup besar, keterlambatan penanganan jalan dan sebagaunya," ujarnya, Kamis (17/8/2018) saat ditemui diruang kerjanya.
Untuk itu lanjut Nurcahyo diperlukan penguatan sistem manajemen penanganan jalan untuk menuju tata kelola jalan yang baik berbasiskan data lengkap dan akurat dengan memanfaatkan teknologi informasi website. "WebGIS jalan Kabupaten Kolonprogo bertujuan agar penanganan jalan dapat diakses oleh stakeholder dan masyarakat demi meningkatkan pemahaman pentingnya data base dalam penanganan jalan serta meningkatkan peran serta stakeholder dan masyarakat dalam penanganan jalan," jelasnya.


Sedangkan manfaat WebGIS, menurutnya dapat memberi kemudahan akses data jalan, yang bisa diakses langsung melalui website resmi Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, yang terintegrasi dengan DPUPKP Kulonprogo, untuk selanjutnya dapat memilih menu WebGIS jalan Kabupaten Kulonprogo.
"Di situ akan terlihat informasi tentang data jalan berupa peta dan tabel, yang meliputi data panjang, lebar jalan, data kelas dan fungsi jalan, serta data jenis pekerjaan kondisi tiap ruas jalan. Dengan diterapkannya sistem ini kedepan harapannya dapar terwujud sistem manajemen penanganan jalan yang efektif, efisien, transparan dan tepat sasaran," tambahnya.

Semua itu dilakukan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat di bidang infrastruktur jalan. (cdr/pro) 

Share:

BERITA KULON PROGO TERBARU

SITEMAP

Archive