Mohon perhatiannya, semua isi berita diblog ini adalah disalin dari berbagai sumber. Dan hanya sebagai arsip pribadi dan Group Komunitas Warga Kulon Progo.

Seluruh informasi termasuk iklan diblog ini bukan tanggung jawab kami selaku pemilik blog. Kami hanya Memberikan tempat kepada para pengiklan dan sebagai ,media sharing


 tarif jasa kami
KEMBALI KE HALAMAN AWAL – LC FOTOKOPI  *  TARIF JASA FOTOKOPI, PRINT, SCAN, KETIK, PRINT , DLL.   *   MELAYANI PRINT, PRINT COPY SECARA ONLINE


19 August 2018

Jelang Idul Adha, Tagana Kulonprogo Distribusikan Air ke Masjid ...





KULONPROGO, iNews.id - Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendistribusikan air bersih ke masjid-masjid di wilayah kekeringan. Ini dilakukan untuk membersihkan daging kurban pada Idul Adha 1439 Hijriah.

Koordinator penyaluran air Tagana Kulonprogo, Ibnu Wibowo mengatakan, Tagana banyak menerima permohonan air bersih dari warga dan panitia kurban untuk membersihkan daging atau jeroan, khususnya di Kecamatan Nanggulan, Pengasih, Sentolo, dan Kalibawang.

"Kami sudah menerima belasan proposal permohonan distribusi air bersih yang akan digunakan warga untuk membersihkan jeroan hewan kurban," katanya, Minggu (19/8/2018).

Dia mengatakan, warga yang biasanya membersihkan jeroan ke sungai atau selokan, mulai beralih menggunakan air dari sumur. Selain air selokan tidak mengalir, Dinas Pertanian dan Pangan melarang panitia kurban atau masyarakat mencuci jeroan ke sungai karena akan menambah banyak bakteri.

"Yang di Sentolo, saluran irigasi belum mengalir, biasanya jeroan dibersihkan di sana, makanya minta bantuan air bersih," ucap Ibnu.

Menurutnya, pengeringan saluran Kalibawang yang dilakukan untuk perbaikan jembatan air Talang Bowong di Banjaraurum dan saluran tersebut saat ini membuat sejumlah warga mengalami kekeringan.
Setelah diperbaiki, air di saluran tersebut tidak meresap ke tanah karena telah ditutup rapat dengan semen.

Selain itu, debit yang hanya sebesar dua meter kubik membuat sejumlah irigasi tersier tidak terisi dan membuat sebagian sawah masih belum terisi. "Jadi sumur rumah tangga warga tidak terisi akibat rapatnya dasar aliran irigasi," ungkapnya.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo, Drajat Purbadi mengimbau panitia kurban tidak mencuci jeroan ke sungai atau selokan. “Saat musim kemarau ini banyak orang memanfaatkan sungai untuk berbagai keperluan. Kalau panitia kurban mencuci jeroan di sungai berarti makin menambah banyak bakteri,” ucapnya.

Dia menilai selama ini teknik penyembelihan hewan kurban tidak benar, khususnya teknik perobohan sapi. "Kami sudah melakukan sosialisasi kepada panitia kurban terkait teknik perobohan hewan hingga penyembelihan yang sesuai standar baku," katanya.


Editor : Himas Puspito Putra
Share:

BERITA KULON PROGO TERBARU

SITEMAP

Archive