Mohon perhatiannya, semua isi berita diblog ini adalah disalin dari berbagai sumber. Dan hanya sebagai arsip pribadi dan Group Komunitas Warga Kulon Progo.

Seluruh informasi termasuk iklan diblog ini bukan tanggung jawab kami selaku pemilik blog. Kami hanya Memberikan tempat kepada para pengiklan dan sebagai ,media sharing


 tarif jasa kami
KEMBALI KE HALAMAN AWAL – LC FOTOKOPI  *  TARIF JASA FOTOKOPI, PRINT, SCAN, KETIK, PRINT , DLL.   *   MELAYANI PRINT, PRINT COPY SECARA ONLINE


22 March 2017

Angkasa Pura 1 Dorong Bandara Kulon Progo Terkoneksi Antar Daerah



TEMPO.CO, Yogyakarta - Pihak PT Angkasa Pura 1 mulai menggagas program untuk menciptakan konsep pengembangan pariwisata terkoneksi pasca bandara Kulon Progo beroperasi tahun 2019.

Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura 1 Mochammad Asrori menuturkan untuk menyusun konsep pariwisata terkoneksi ini, pihaknya telah menyiapkan forum kerjasama bernama Collaborative Destination Development (CDD) atau Kolaborasi Pemangku Kepentingan Pariwisata. Rencananya forum CCD ini akan digelar pertamakali di Yogya pada 30 Maret 2017 di Hotel Ambarrukmo.

"Tujuan CCD ini mendorong pemerintah daerah dan pelaku pariwisata DIY bisa menggali lebih dalam potensi lokal untuk mendorong pertumbuhan penumpang melalui trade, tourism, and investment," ujar Asrori usai pertemuan dengan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X Selasa 21 Maret 2017.

Forum CCD ini akan menjadi wadah pertemuan berkala para pemangku kepentingan dan pelaku pariwisata. Sehingga saat bandara Kulon Progo beroperasi, daerah sudah memiliki paket paket pariwisata. CDD itu sendiri sudah dilakukan berkala si beberapa daerah destinasi wisata seperti Bali, Lombok, dan lainnya.

Sasaran utama forum CCD ini yakni biro perjalanan. Sebab, ujar Asrori, turis manca dan maskapai itu yang pertama dilihat untuk kunjungan destinasi wisata soal packaging atau paket yang ditawarkan.

"Packaging ini termasuk bagaimana mensinergikan kerjasama antar travel agent seperti Bali dengan Yogya," ujar Asrori. Untuk Bali, packaging wisata ini sudah terbentuk lama. Tinggal bagaimana sinkronisasi dengan Yogya.

Misalnya dalam paket wisata ditawarkan lima hari wisata, memungkinkan terbagi dua hari di Yogya dan tiga hari di Bali. "Antar hotel dan maskapai juga akan kami link-an untuk mengakses paket," ujar Asrori.

Asrori menambahkan, potensi turis manca untuk Bandara Kulon Progo setidaknya akan membidik tiga negara. Seperti Jepang, China, dan Korea. Sebab selama ini banyak permintaan paket wisata ke Indonesia oleh biro perjalanan dari tiga negara itu.

Asrori menggambarkan, penduduk China yang jumlahnya 1,3 miliar, sebanyak 100 juta orang merupakan kelompok pelancong. Namun dari jumlah pelancong Cina itu, hanya 1 juta orang saja yang berjunkunjung ke Indonesia tiap tahunnya. "Ada 99 juta turis Cina yang menjadi potensi untuk kita tangkap agar mengunjungi Indonesia," ujarnya.

Asisten Perekonomian Pembangunan Seketaris Daerah DIY Gatot Saptadi menuturkan pemerintah daerah dan PT. Angkasa Pura 1 telah mulai membicarakan konsep desain pembangunan bangunan dan pemetaan zonasi di bandara Kulon Progo agar turut mengusung nilai nilai kearifan lokal.

"Daya tarik lokalitas bandara yang modern ini menjadi bagian rencana pembangunan," ujarnya. Misalnya fasat bandara melibatkan tema motif batik. Yang didukung adanya zonasi pusat kerajinan lokal agar wisatawan langsung tahu potensi kerajinan khas Yogya.
Baca Halaman sumber.....
Share:

BERITA KULON PROGO TERBARU

SITEMAP

Archive