Mohon perhatiannya, semua isi berita diblog ini adalah disalin dari berbagai sumber. Dan hanya sebagai arsip pribadi dan Group Komunitas Warga Kulon Progo.

Seluruh informasi termasuk iklan diblog ini bukan tanggung jawab kami selaku pemilik blog. Kami hanya Memberikan tempat kepada para pengiklan dan sebagai ,media sharing


 tarif jasa kami
KEMBALI KE HALAMAN AWAL – LC FOTOKOPI  *  TARIF JASA FOTOKOPI, PRINT, SCAN, KETIK, PRINT , DLL.   *   MELAYANI PRINT, PRINT COPY SECARA ONLINE


16 February 2019

Kulonprogo Tak Ingin KLA Mentok di Madya - Harian Jogja



Harianjogja.com, KULONPROGO—Kulonprogo sudah dua tahun terakhir hanya mendapat predikat Madya dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA). Tahun ini, diupayakan ada peningkatan predikat Nindya dalam menuju Kulonprogo KLA.

Kepala Seksi Peningkatan Kualitas Hidup Anak Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kulonprogo Listyani mengungkapkan sejak evaluasi tiap tahun soal KLA dilakukan, pada 2017 dan 2018, predikat yang didapat Kulonprogo hanya tingkat Madya.

"Sebelumnya dapat predikat Pratama pada 2015, lalu meningkat jadi Madya di 2017. Tahun lalu [2018], masih Madya," katanya kepada Harian Jogja, Jumat (15/2/2019). Ada lima tingkat menuju KLA, yaitu Pratama, Madya, Nindya, Utama lalu KLA.

Setelah dilakukan evaluasi, tiap kabupaten mendapatkan skor. Skor dalam tiap tingkatan KLA yaitu dari 500 pada Pratama sampai 1.000 untuk tingkatan KLA. Untuk skor Kulonprogo saat ini masih berkutat sekitar poin 600.

Listyani mengatakan dalam mewujudkan KLA, harus ada komitmen dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). Berbagai indikator dalam penilaian KLA di antaranya adanya ruang bermain ramah anak (RBRA), kecamatan ramah anak, desa ramah anak dan sekolah ramah anak.

Sejauh ini Kulonprogo belum mempunyai RBRA. Ruang bermain anak yang ada di Alun-Alun Wates belum tergolong ramah anak. Listyani menambahkan dari 12 kecamatan, baru tujuh kecamatan yang sudah mendeklarasikan kecamatan ramah anak. Untuk desa ramah anak hanya 25% saja yang sudah deklarasi desa ramah anak.

Mengenai akan diresmikannya New Yogyakarta International Airport (NYIA), ia berharap agar disiapkan juga fasilitas-fasilitas yang menunjang ramah anak. "Di bandara harusnya disediakan juga ruang-ruang publik, ada ruang laktasi, ruang ramah bermain anak ataupun toilet khusus anak," ujar Listyani.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengungkapkan dalam mencapai tingkat KLA, perlu berbagai persiapan dari Pemkab. "Dalam mewujudkan KLA, butuh berbagai langkah terutama komitmen dari OPD, juga bekerja sama dengan dunia usaha, perguruan tinggi, juga media," katanya.
Share:

BERITA KULON PROGO TERBARU

SITEMAP

Archive