Mohon perhatiannya, semua isi berita diblog ini adalah disalin dari berbagai sumber. Dan hanya sebagai arsip pribadi dan Group Komunitas Warga Kulon Progo.

Seluruh informasi termasuk iklan diblog ini bukan tanggung jawab kami selaku pemilik blog. Kami hanya Memberikan tempat kepada para pengiklan dan sebagai ,media sharing


 tarif jasa kami
KEMBALI KE HALAMAN AWAL – LC FOTOKOPI  *  TARIF JASA FOTOKOPI, PRINT, SCAN, KETIK, PRINT , DLL.   *   MELAYANI PRINT, PRINT COPY SECARA ONLINE


07 February 2019

5 Desa di Kulon Progo Telah Tersentuh Pamsimas - Tribun Jogja

 


TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Lima desa di Kulon Progo kini telah melengkapi diri dengan instalasi Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (Pamsimas).

Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo meresmikan kelima instalasi tersebut secara simbolik, Rabu (6/2/2019) di kompleks Masjid Al Muttaqin, Pereng, Ngentakrejo, Kecamatan Lendah.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, kelima desa penerima program Pamsimas 2018 itu yakni Ngentakrejo, Sukoreno (Sentolo), Banyuroto (Nanggulan), Karangwuni (Wates), dan Sogan (Wates).

Instalasi Pamsimas di Ngentakrejo memiliki total sambungan rumah (SR) 100 unit, Banyuroto 20 unit, Sukoreno 67 unit, Sogan 100 unit, dan Karangwuni 50 unit.

Baca: Kawasaki W175 Cafe Bakal Jadi Idola Baru Pecinta Motor Retro

Seusai penandatanganan prasasti, Wakil Bupati membuka keran air di halaman masjid sebagai simbolis peresmian Pamsimas tersebut.

Sutedjo mengapresiasi perjuangan kelompok keswadayaan masyarakat (KKM) demi terselenggaranya penyediaan air bersih di tiap desa tersebut.

Menurutnya, ketersediaan air bersih sangat penting dan dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat.

Ia berharap instalasi tersebut dimanfaatkan dan dikelola dengan baik.

Warga diminta menjada sumber mata air dengan menanam berbagai pohon di sekitarnya. 

"Pamsimas perlu dirawat dan di manajemen dengan baik. Musim hujan bisa dimanfaatkan dengan menanam pohon," kata Sutedjo.

Camat Lendah, Sutrisno mengatakan penyerahan Pamsimas sangat membantu masyarakat saat kemarau panjang.

Di wilayah instalasi Pereng, Pamsimas mencakup tiga pedukuhan yakni Pereng, Temben, dan Bendo.

Ada sekitar 200 kepala keluarga (KK) yang kekurangan air saat musim kemarau di wilayah itu dan tahun ini bisa terlayani 100 KK melalui Pamsimas yang menaikkan 1.300 meter kubik air ke penampungan di utara masjid.

"Kami berharap tahun berikutnya Pamsimas juga dibangun di desa lain, seperti Tuksono," jelas Sutrisno. (*)
Share:

BERITA KULON PROGO TERBARU

SITEMAP

Archive