Mohon perhatiannya, semua isi berita diblog ini adalah disalin dari berbagai sumber. Dan hanya sebagai arsip pribadi dan Group Komunitas Warga Kulon Progo.

Seluruh informasi termasuk iklan diblog ini bukan tanggung jawab kami selaku pemilik blog. Kami hanya Memberikan tempat kepada para pengiklan dan sebagai ,media sharing


 tarif jasa kami
KEMBALI KE HALAMAN AWAL – LC FOTOKOPI  *  TARIF JASA FOTOKOPI, PRINT, SCAN, KETIK, PRINT , DLL.   *   MELAYANI PRINT, PRINT COPY SECARA ONLINE


01 April 2020

Cegah Penyebaran Virus Corona, Nyadran Agung di Kulon Progo Dibatalkan - Tribun Jogja


  • Laporan Reporter Tribunjogja.com, Andreas Desca Budi Gunawan

    TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Prosesi Nyadran Agung yang merupakan satu dari beberapa agenda rutin di Kabupaten Kulon Progo dalam menyambut bulan suci Ramadhan, tahun ini terpaksa harus dibatalkan.

    Gelaran yang kental dengan tradisi dan budaya Jawa ini, direncanakan akan digelar di Alun-alun Wates pada 17 - 18 April 2020.

    Pembatalan Nyadran Agung tersebut tidak lain dikarenakan sebagai langkah antisipasi atas potensi penyebaran Pandemi Covid-19 di wilayah Kulon Progo.

    Pasalnya, dalam pelaksanaan kegiatan Nyadran agung ini, ratusan orang dari berbagai wilayah dan juga wisatawan domestik serta asing biasa turut hadir dan ambil bagian.

    Pembatalan gelaran tersebut dikonfirmasi langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo, Untung Waluyo, Rabu (1/4/2020).

    Menurutnya, gelaran yang merupakan akulturasi budaya dan agama ini, terpaksa harus dibatalkan setelah diputuskan dalam rapat koordinasi dengan Forkompinda kabupaten Kulon Progo beserta berbagai instansi terkait.

    "Dari hasil rapat dengan berbagai pihak, mengingat dan mempertimbangkan berbagai kondisi, akhirnya Nyadran Agung 2020 dibatalkan," katanya.

    Selain itu, pembatalan ini dilaksanakan sebagai langkah tindak lanjut terhadap Instruksi Gubernur DIY Nomor : 2/nstr/2020  tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (COVID-19) dan Surat Edaran Bupati Kulon Progo Nomor : 440/1197 tentang Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (COVID-19) di Kulon Progo.

    Untung juga menyampaikan, dengan dibatalkannya gelaran tersebut, ada alternatif pengganti yang tentunya tidak melibatkan banyak pihak dalam pelaksanaannya.

    "Nanti alternatif kegiatan pengganti direncanakan melalui tahlil. Yang dilibatkan 7 sampai 9 orang pada tanggal 17 April 2020, malam. Esensi tetap dijalankan dengan sederhana," katanya. (TRIBUNJOGJA.COM)


Sumber Berita :Cegah Penyebaran Virus Corona, Nyadran Agung di Kulon Progo Dibatalkan - Tribun Jogja
Share:

BERITA KULON PROGO TERBARU

SITEMAP

Archive