Mohon perhatiannya, semua isi berita diblog ini adalah disalin dari berbagai sumber. Dan hanya sebagai arsip pribadi dan Group Komunitas Warga Kulon Progo.

Seluruh informasi termasuk iklan diblog ini bukan tanggung jawab kami selaku pemilik blog. Kami hanya Memberikan tempat kepada para pengiklan dan sebagai ,media sharing


 tarif jasa kami
KEMBALI KE HALAMAN AWAL – LC FOTOKOPI  *  TARIF JASA FOTOKOPI, PRINT, SCAN, KETIK, PRINT , DLL.   *   MELAYANI PRINT, PRINT COPY SECARA ONLINE


28 May 2019

Disnakertrans Kulon Progo Buka Layanan AK-1 pada H-1 Lebaran - TRIBUNJOGJA.COM

Petugas Polisi Berjaga Di Titik Titik Macet Tol Cipali

Di antaranya terkait pelayanan bagi pemohon kartu kuning atau kartu tanda pencari kerja alias AK-1.

Kepala Disnakertrans Kulon Progo, Eko Wisnu Wardhana mengatakan layanan permohonan AK-1 akan dilayani pada Selasa (4/6/2019) atau H-1 Lebaran.

Hal ini untuk memberi kesempatan bagi masyarakat yang membutuhkannya.

Terutama, bagi warga yang berniat mencari kerja selepas masa Lebaran.


"Sebetulnya di tanggal itu sudah masuk masa cuti Lebaran bagi instansi pemerintahan namun untuk pelayanan pada masyarakat tetap kami buka. Kami berharap kesempatan ini bisa dimanfaatkan sebai-baiknya oleh masyarakat,"kata Eko, Minggu (26/5/2019).

Karena sudah dalam masa liburan. pada tanggal pelayanan khusus tersebut pihaknya hanya melayani permohonan AK-1 dari pukul 09.00 hingga pulul 12.00.

Sedangkan setelah itu pelayanan baru akan dibuka kembali pada Senin (10/6/2019) seiring habisnya masa liburan dan normalnya kembali jadwal kerja instansi pemerintahan.

Eko menyebut, di waktu normal, pelayanan permohonan AK-1 dilayani setiap hari kerja yakni Senin sampai dengan Jumat.

Sedikitnya ada 15 orang per hari yang mengakses layanan tersebut.

Adapun angka pengangguran di Kulon Progo tercatat menurun dari tahun ke tahun.

Pada 2015 lalu, Disnakertrans mencatat angka pengangguran mencapai 8.000 orang dengan tingkat pengangguran terbuka 3,7 persen.

Jumlah tersebut berangsur menurun jadi 3.778 orang hingga Agustus 2018 kemarin dengan tingkat pengangguran terbuka 1,49 persen.

Artinya, ada penurunan sekitar 42 persen atau hampir separuhnya.

Dengan angka yang ada saat ini, terdapat tiga orang pengangguran pada setiap 200 orang warga Kulon Progo.

Adapun jumlah angkatan kerja sebanyak 277.000 orang dan setiap tahun rata-rata terdapat 3.000 pencari kerja yang mengajukan AK-1.

Eko menyebut, jumlah pencari kerja pada 2018 lalu sebanyak 3.891 orang dengan 3.205 orang di antaranya telah menjalani penempatan kerja lokal, daerah, maupun antar daerah.

"Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan angka pengangguran ini seperti pesatnya pembangunan dan perkembangan pariwisata. UMKM juga semakin menjamur dan banyak pelatihan kerja sehingga warga lebih berkompetensi," kata Eko.

(http://jogja.tribunnews.com/2019/05/26/disnakertrans-kulon-progo-buka-layanan-ak-1-pada-h-1-lebaran)

Share:

BERITA KULON PROGO TERBARU

SITEMAP

Archive