Mohon perhatiannya, semua isi berita diblog ini adalah disalin dari berbagai sumber. Dan hanya sebagai arsip pribadi dan Group Komunitas Warga Kulon Progo.

Seluruh informasi termasuk iklan diblog ini bukan tanggung jawab kami selaku pemilik blog. Kami hanya Memberikan tempat kepada para pengiklan dan sebagai ,media sharing


 tarif jasa kami
KEMBALI KE HALAMAN AWAL – LC FOTOKOPI  *  TARIF JASA FOTOKOPI, PRINT, SCAN, KETIK, PRINT , DLL.   *   MELAYANI PRINT, PRINT COPY SECARA ONLINE


28 May 2019

Bandara YIA Beroperasi, Lalu Lintas Kulon Progo Direkayasa



TEMPO . CO, Yogyakarta - Kepolisian Kabupaten Kulon Progo telah menyiapkan rekayasa lalu lintas khusus di area bandara baru Yogyakarta International Airport (YIA) yang sudah beroperasi penuh pada Lebaran 2019 ini.


“Pertama kami akan terapkan sistem kanalisasi di depan area bandara baru, terutama dari arah jalur Yogyakarta,” ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kulonprogo, Ajun Komisaris Polisi Maryanto kepada Tempo, Jumat 24 Mei 2019.

Kanalisasi yanng dimaksud berupa pemasangan pembatas jalan di tengah jalan sepanjang 500 meter. Kanal di area depan bandara di jalur Yogya-Purworejo itu dipasang sejak H-7 hingga H+7 lebaran.

Kanalisasi ini sebagai langkah pertama pemecah arus untuk mengurangi kepadatan kendaraan yang diprediksi terjadi di kawasan depan area bandara.

Selain itu, ujar Maryanto, pihaknya juga menyiapkan rekayasa untuk membuat kendaraan yang datang dari timur (dari arah Kota Yogya) sejak beberapa kilometer sudah bisa menemukan papan petunjuk untuk menentukan lajur kendaraannya. Misalnya jika hendak ke bandara maka kendaraan bisa mengambil lajur kiri atau lajur lurus jika langsung mengarah ke Purworejo atau Kebumen.

“Kami juga antisipasi jika terjadi kepadatan kendaraan di depan area bandara

sehingga membuat kendaraan tidak bisa menyeberang ke jalur utama, maka dibelokkan ke barat (arah Purworejo) terlebih dahulu,” ujar Maryanto.


Maryanto menuturkan titik-titik menuju Bandara YIA baik dari timur dan barat yang mempunyai potensi kerawanan kepadatan antara lain simpang empat Ngelu dan seputar Karangnongko. Jika sudah terjadi kepadatan di dua simpang itu, akan diberlakukan sistem rekayasa tarik manual estafet antar pos.

“Artinya jika kendaraan sampai tiga kali belum lolos lampu merah, maka kami atur arusnya secara manual, dengan mengabaikan traffic light sementara supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan," ujarnya.

Maryanto mengatakan pengamanan di bandara baru Kulon Progo bakal dilengkapi dengan pendirian dua pos pemantauan. Satu pos di depan area bandara dan satu lagi di simpang empat Congot yang difungsikan untuk rekayasa lalu lintas dari arah Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS).

Pelaksana Tugas General Manager Bandara YIA Agus Pandu Purnama sebelumnya menuturkan dalam menghadapi arus mudik maupun balik di bandara baru, mulai 29 Mei akan dioperasionalkan pos terpadu.


Pada masa lebaran, Bandara Kulon Progo akan melayani penerbangan tambahan atau exttra flight sebanyak 13 penerbangan tambahan dari empat maskapai.

Reporter: Pribadi Wicaksono (Kontributor)
Editor: Rahma Tri
https://bisnis.tempo.co/read/1208981/bandara-yia-beroperasi-lalu-lintas-kulon-progo-direkayasa

Share:

BERITA KULON PROGO TERBARU

SITEMAP

Archive