Mohon perhatiannya, semua isi berita diblog ini adalah disalin dari berbagai sumber. Dan hanya sebagai arsip pribadi dan Group Komunitas Warga Kulon Progo.

Seluruh informasi termasuk iklan diblog ini bukan tanggung jawab kami selaku pemilik blog. Kami hanya Memberikan tempat kepada para pengiklan dan sebagai ,media sharing


 tarif jasa kami
KEMBALI KE HALAMAN AWAL – LC FOTOKOPI  *  TARIF JASA FOTOKOPI, PRINT, SCAN, KETIK, PRINT , DLL.   *   MELAYANI PRINT, PRINT COPY SECARA ONLINE


07 March 2020

Dampak Virus Corona, Jamu di Pasar Wates Kulon Progo Laris Manis - SuaraJogja.ID


SuaraJogja.id - Kemunculan virus corona juga berdampak pada para penjual jamu di Kulon Progo. Keuntungan penjualan pedagang jamu bahkan mencapai 35% lebih tinggi dibandingkan hari biasa.
"Sejak muncul kabar adanya virus Corona, banyak yang datang ke sini, bahkan kemarin saya dapat pesanan dari Jakarta, mereka pesen jamu tapi yang bentuk bubuk," ujar Siti Munjiah, salah satu penjual jamu di Pasar Wates, Kulonprogo, saat ditemui awak media, Rabu (4/3/2020) pagi.
Melansir dari Harianjogja.com, tingginya permintaan jamu di Pasar Wates membuat beberapa penjual jamu menambah stok dagangan mereka.
Salah satu pedagang, Siti, menjelaskan, jika biasanya dia hanya menyetok 10 hingga 15 galon sehari. Beberapa hari ini dia bisa menjual hingga 18 galon dalam sehari.
"Yang paling laku saat ini adalah jamu kesehatan, untuk jaga imunitas tubuh, nah yang bikin laku keras karena katanya virus Corona bisa diantisipasi dengan meminum jamu ini," ujar Siti.
Jamu yang dijual Siti juga bermacam-macam. Dari yang berbahan temulawak, kunir asem, kencur, jahe, hingga banyak rempah-rempah lainnya.
Beberapa kalangan menilai, rempah-rempah atau empon-empon bisa menangkal virus yang berasal dari wuhan tersebut.
Guru Besar Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Prof Dr Mangestuti Agil juga memaparkan, rempah-rempah atau empon-empon bisa mencegah virus tersebut menjangkit ke tubuh.
"Dunia sedang dihebohkan dengan adanya virus corona. Maka, diperlukan kekebalan tubuh yang maksimal agar terhindar dari kemungkinan terkena penyebaran virus corona yang semakin masif yakni dengan empon-empon," kata Prof Mangestuti dikonfirmasi di Surabaya, Senin (2/3/2020).
Menurutnya, tubuh manusia yang sehat sudah dilengkapi dengan daya imun atau kekebalan tubuh yang baik untuk menjaga dari berbagai penyakit dan virus.
"Namun saat manusia lengah dan daya imun itu turun, maka penyakit dan berbagai virus akan mudah datang serta menyebabkan tubuh menjadi sakit," kata dosen Fakultas Farmasi Unair tersebut.
Salah satu rempah yang cukup diminati, jahe, memang kaya kandungan Gingerol dan shogaol yang mampu menguatkan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah terinfeksi oleh bakteri dan atau virus.

Sumber Berita : Dampak Virus Corona, Jamu di Pasar Wates Kulon Progo Laris Manis - SuaraJogja.ID
Share:

BERITA KULON PROGO TERBARU

SITEMAP

Archive