Mohon perhatiannya, semua isi berita diblog ini adalah disalin dari berbagai sumber. Dan hanya sebagai arsip pribadi dan Group Komunitas Warga Kulon Progo.

Seluruh informasi termasuk iklan diblog ini bukan tanggung jawab kami selaku pemilik blog. Kami hanya Memberikan tempat kepada para pengiklan dan sebagai ,media sharing


 tarif jasa kami
KEMBALI KE HALAMAN AWAL – LC FOTOKOPI  *  TARIF JASA FOTOKOPI, PRINT, SCAN, KETIK, PRINT , DLL.   *   MELAYANI PRINT, PRINT COPY SECARA ONLINE


23 September 2017

Kulon Progo Akan Bangun Taman Mini untuk Kerajaan-kerajaan Nusantara



JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut rencana beroperasinya New Yogyakarta International Airport (NYIA) pada 2019, Kabupaten Kulon Progo terus bersiap dengan menambah ragam destinasi wisatanya. Keunggulan di bdang budaya dimanfaatkan pemerintah setempat untuk membangun destinasi bersifat kebudayaan. Salah satunya adalah Taman Kerajaan Nusantara.
Ide ini disampaikan oleh Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo saat meluncurkan KULFEST-Festival Kampung Budaya di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Jumat (25/8/2017).
"Kita juga akan membangun taman mini-nya kerajaan-kerajaan Indonesia. Namanya Taman Kerajaan Nusantara. Seluas 50 hektar, terinspirasi dari Kerajaan Gajah Mada yang ingin mempersatukan Nusantara," ungkap Hasto.

Nantinya, lanjut Hasto, taman kerajaan tersebut akan mempersatukan 43 kerajaan dari seluruh Nusantara yang jaya pada masa lampau.

Wisatawan nantinya bisa mempelajari masa kejayaan tiap kerajaan di Nusantara. Mereka akan disuguhkan kebudayaan khas masing-masing kerajaan, jejak dan bukti sejarahnya, hingga membuat kerajinan khasnya jika ada.

air terjun grojogan sewu kulon progo, alamat air terjun grojogan sewu kulon progo, alamat grojogan sewu kulon progo, arah grojogan sewu kulon progo, arah ke grojogan sewu kulon progo, arah menuju grojogan sewu kulon progo, asal usul grojogan sewu kulon progo, curug grojogan sewu kabupaten kulon progo, curug grojogan sewu kulon progo, denah air terjun grojogan sewu kulon progo, denah grojogan sewu kulon progo, gambar grojogan sewu kulon progo, grojogan sewu di kulon progo, grojogan sewu girimulyo kulon progo, grojogan sewu jatimulyo girimulyo kulon progo, grojogan sewu jatimulyo girimulyo kulon progo yogyakarta, grojogan sewu kulon progo, grojogan sewu kulon progo jogja, grojogan sewu kulon progo yogyakarta, jalan menuju grojogan sewu kulon progo, koordinat grojogan sewu kulon progo, letak grojogan sewu kulon progo, lokasi air terjun grojogan sewu kulon progo, lokasi grojogan sewu kulon progo, peta air terjun grojogan sewu kulon progo, peta grojogan sewu kulon progo, peta lokasi grojogan sewu kulon progo, rute grojogan sewu kulon progo, rute jalan ke grojogan sewu kulon progo, rute ke grojogan sewu kulon progo, rute menuju grojogan sewu kulon progo, tempat wisata grojogan sewu di kulon progo, tempat wisata grojogan sewu kulon progo, wisata grojogan sewu kulon progo,
Grojogan Sewu di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta.(TRIBUN JOGJA/GILANG SATMAKA)
Ke-43 kerajaan tersebut dipilih berdasarkan bukti-bukti sejarah yang representatif untuk dikenalkan kepada wisatawan. Semuanya memiliki andil besar di Nusantara, memiliki kearifan lokal yang luar biasa, dan masih lengkap bukti-bukti fisiknya untuk dipamerkan dan dipelajari.


"Tahun ini sudah tahap DED, lalu perencanaan tersebut kita roadshow-kan ke Mendikbud, Menpar, juga bupati dan gubernur. Sementara ini sudah mendapat izin inventaris dari 43 kerajaan Nusantara," ungkap Hasto.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi ide tersebut. Ia mengaku tertarik dengan gagasan unik yang memanfaatkan kekayaan budaya Indonesia.
"Ide tamannya bagus sekali, marketing menjualnya nanti mudah, karena orang akan berkunjung ke daerah-daerah asalnya. Jadi kita dukung sebgai attraction di Kulon Progo," ujar Arief.
Selain itu, demi kesiapan daerahnya di 2019, Kulon Progo berencana membangun destinasi-destinasi lainnya yang berbasis kebudayaan, termasuk prasasti.

Share:

BERITA KULON PROGO TERBARU

SITEMAP

Archive