Mohon perhatiannya, semua isi berita diblog ini adalah disalin dari berbagai sumber. Dan hanya sebagai arsip pribadi dan Group Komunitas Warga Kulon Progo.

Seluruh informasi termasuk iklan diblog ini bukan tanggung jawab kami selaku pemilik blog. Kami hanya Memberikan tempat kepada para pengiklan dan sebagai ,media sharing


 tarif jasa kami
KEMBALI KE HALAMAN AWAL – LC FOTOKOPI  *  TARIF JASA FOTOKOPI, PRINT, SCAN, KETIK, PRINT , DLL.   *   MELAYANI PRINT, PRINT COPY SECARA ONLINE


28 February 2020

BPBD Kulon Progo Sampaikan Kesiapannya terhadap Potensi Kebencanaan di Puncak Musim Hujan - Tribun Jogja




Laporan Reproter Tribunjogja.com, Andreas Desca Budi Gunawan

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Musim Penghujan di wilayah DIY beberapa waktu lalu diprediksi akan terjadi pada Februari hingga Awal Maret 2020.

Hal ini dikuatkan dengan hujan yang terus mengguyur sebagian wilayah di Kulon Progo beberapa hari terkahir.

Berkaitan dengan hal tersebut, potensi kebencanaan juga meningkat akibat curah hujan yang cukup tinggi.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kulon Progo, Ariadi, Kamis (27/2/2020) yang dihubungi terkait potensi kebencanaan di wilayah mengakui bahwa pihaknya sudah melakukan berbagai upaya persiapan sebelumnya.


"Rakor kesiapsiagaan seluruh OPD terkait, TNI, POLRI, Basarnas, Panewu dan Relawan sudah dilaksanakan. Selain itu Polres Kulon juga sudah menggelar Apel Siaga, Sosialisasi dgn Temu Relawan, Rakor FPRB," katanya.

Dia juga menyampaikan bahwa saat ini fokus BPBD Kulon Progo lebih cenderung menuju potensi kebencanaan berupa Longsor, banjir dan angin ribut.

Diketahui sebelumnya, beberapa wilayah di Kulon Progo dalam seminggu terakhir memang mengalami beberapa kejadian berupa tanah longsor dan pohon tumbang akibat cuaca buruk.

Dia pun menghimbau masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dimana mereka tinggal.

"Masyarakat bisa melakukan antisipasi dengan menjaga agar saluran drainase dan parit bebas dari sampah maupun endapan supaya air dapat mengalir dengan lancar," katanya.
 Di sisi lain, dia meminta kepada masyarakat jika mereka menemukan pohon yang rawan tumbang, bisa dilakukan pemangkasan.

Selain itu kita harus pahami lingkungan.

Bila rawan atau dirasa berbahaya segera menghindar dan berlindung atau pergi ke tempat terdekat yang lebih aman.

lanjutnya, sebisa mungkin untuk terus berkomunikasi dengan pemerintah desa maupun relawan setempat jika mendapati lokasi yang rawan ataupun terdapat peristiwa terkait kebencanaan di wilayahnya. (TRIBUNJOGJA.COM)


Sumber Berita : BPBD Kulon Progo Sampaikan Kesiapannya terhadap Potensi Kebencanaan di Puncak Musim Hujan - Tribun Jogja

Share:

BERITA KULON PROGO TERBARU

SITEMAP

Archive