Mohon perhatiannya, semua isi berita diblog ini adalah disalin dari berbagai sumber. Dan hanya sebagai arsip pribadi dan Group Komunitas Warga Kulon Progo.

Seluruh informasi termasuk iklan diblog ini bukan tanggung jawab kami selaku pemilik blog. Kami hanya Memberikan tempat kepada para pengiklan dan sebagai ,media sharing


 tarif jasa kami
KEMBALI KE HALAMAN AWAL – LC FOTOKOPI  *  TARIF JASA FOTOKOPI, PRINT, SCAN, KETIK, PRINT , DLL.   *   MELAYANI PRINT, PRINT COPY SECARA ONLINE


03 September 2018

Kekeringan Meluas, Pintu Air Waduk Sermo di Kulonprogo Tetap ...



KULONPROGO, iNews.id - Pintu air Waduk Sermo tidak akan dibuka meski kekeringan di Kabupaten Kulonprogo akibat musim kemarau semakin meluas. Langkah ini dilakukan untuk menjaga pasokan air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Binangun untuk melayani kebutuhan masyarakat.

Kepala Bidang Pengairan, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kulonprogo, Hadi Prayitno mengatakan, hasil pertemuan lintas sektoral dengan PDAM, Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO), Dinas Pertanian dan Pangan, serta DPUPKP Kulonprogo disepakati untuk tidak akan membuka pintu air Waduk Sermo sampai batas yang belum ditentukan. “Hasil rapat koordinasi itu memutuskan untuk sementara belum akan dibuka (pintu air Waduk Sermo),” kata Hadi, Minggu (2/9/2018).

Menurut Hadi, sepanjang saluran air dari waduk Sermo, kondisi pertaniannya memang kering. Namun sesuai hasil kesepakatan belum bisa dibuka untuk kebutuhan irigasi. Pembukaan pintu air itu baru dilakukan setelah ada permintaan dan kesepakatan dengan Komisi Air Kulonprogo. “Sementara kita fokus mengamankan suplai air untuk PDAM yang nantinya bakal digunakan untuk konsumsi warga,” ujarnya.

Hadi menjelaskan, salah satu pertimbangan yang dipakai untuk tidak mengalirkan air dari waduk tersebut adalah masa tanam ketiga kali tahun ini. Saat ini, petani tidak begitu membutuhkan suplai air dalam jumlah banyak. Mereka kebanyakan menanam palawija yang tidak begitu membutuhkan air, seperti kedalai dan jagung. "Biasanya dibuka kembali Maret, tergantung mulai kapan petani membutuhkan air atau ada keperluan lainnya," katanya.

Hadi mengatakan, melihat tren musim kemarau di Kulonprogo, sepertinya pintu air ini tetap tidak akan dibuka sepanjang tahun. Sebab pada bulan-bulan masa tanam pertama biasanya hujan akan mulai turun. Sehingga cadangana ir di waduk Sermo juga akan semakin meningkat.

Direktur PDAM Tirta Binangun Kulonprogo, Jumantoro mengatakan, persediaan air bersih untuk pelanggan masih mencukupi. Pada saat-saat puncak kemarau ini, PDAM hanya membatasi permintaan air yang diambil menggunakan truk tangki untuk pendistribusian air. “Stoknya masih cukup. Kita juga terus melayani droping air bersih bersama dengan BPBD,” katanya.



Editor : Kastolani Marzuki
Share:

BERITA KULON PROGO TERBARU

SITEMAP

Archive