Mohon perhatiannya, semua isi berita diblog ini adalah disalin dari berbagai sumber. Dan hanya sebagai arsip pribadi dan Group Komunitas Warga Kulon Progo.

Seluruh informasi termasuk iklan diblog ini bukan tanggung jawab kami selaku pemilik blog. Kami hanya Memberikan tempat kepada para pengiklan dan sebagai ,media sharing


 tarif jasa kami
KEMBALI KE HALAMAN AWAL – LC FOTOKOPI  *  TARIF JASA FOTOKOPI, PRINT, SCAN, KETIK, PRINT , DLL.   *   MELAYANI PRINT, PRINT COPY SECARA ONLINE


26 December 2016

Buaya Muara Resahkan Warga di Pantai Selatan Kulonprogo



KULONPROGO – Seekor buaya muara sepanjang tiga meter meresahkan masyarakat di Pantai Selatan Kulonprogo, Yogyakarta.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta, Untung Suripto mengungkapkan, informasi yang didapat, posisi buaya berada di dekat pintu muara Sungai Bogowonto.

Buaya Muara Berkeliaran di Pantai Selatan Kulonprogo, Wisatawan Diminta Waspada
Berbekal informasi tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisan, dan warga sekitar untuk segera melakukan pencarian. Berdasarkan informasin, buaya sempat terlihat namun kembali ke tengah karena banyak orang di tepi pantai.

Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogya kemudian memancing buaya dengan itik di muara Sungai Bogowonto, Pantai Congot, Jangkaran, Temon.

Untung menjelaskan, pihaknya mengerahkan lima personel sejak pagi hari dengan peralatan evakuasi buaya. Secara teori, buaya muara akan berjemur sekira pukul 09.00 WIB-13.00 WIB.

“Makanya itik digunakan untuk memancing naik ke daratan ketika masa-masa berjemur ini,” jelasnya, seperti dikutip dari Harianjogja.com, Senin (26/12/2016).

Menurut dia, buaya biasa bereaksi dengan hewan yang bergerak sehingga dipilih itik yang masih dalam kondisi hidup. Nantinya, jika tertangkap buaya akan dititipkan sementara di Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta (YKAY) ataupun Wildlife Rescue Center (WRC) di Kulonprogo.

Dari hasil pemantauan, buaya tersebut memang jenis buaya muara yang dilindungi. Untung menambahkan, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan BKSDA Jawa Tengah untuk mengetahui apakah ada buaya yang lepas dari penangkaran.

“Kami tidak mengakomodir isu apapun, yang penting penangkapan dulu,” tegasnya.

Sementara, petugas Pos Sea Rider TNI AL Pantai Congot, Kopka Rokimanto menambahkan, buaya sempat melintas pintu muara dengan berenang ke arah Timur. Menurutnya, sudah dilakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam hal ini Polairud, Polsek Temon, dan BKSDA Jogjakarta. “Paling tidak saat ini sudah jelas tindakannya seperti apa,” ujarnya.



(http://news.okezone.com/read/2016/12/26/510/1575728/buaya-muara-resahkan-warga-di-pantai-selatan-kulonprogo)
Share:

BERITA KULON PROGO TERBARU

SITEMAP